Langsung ke konten utama

Guru Menulis?, ist Amazing…!!!


Banyak penulis yang muncul dari berbagai profesi. Menulis, adalah pilihan yang mudah dan menyenangkan, dan bahkan menghasilkan rupiah, itu beberapa alasan utama kenapa kegiatan menulis terus bergeliat, berikut komunitasnya. Tidak peduli sedikit atau banyak minat baca-tulis bangsa ini, yang pasti, menulis tidak akan pernah mati.
Namun, yang paling mengesankan bagi saya adalah, penulis yang berprofesi sebagai guru, guru yang hobi menulis sekali lagi bagi saya bukan main luar biasanya. Betapa seorang guru tadi banyak meluangkan waktunya untuk berkutat dengan buku, pagi menelaah buku pelajaran yang kemudian disampaikan kepada para siswanya, di luar jam sekolah ia asyik menyelam dunia buku sebagai referensi karyanya.
Sebagaimana kita ketahui, membaca adalah kebiasaan manusia yang ingin berkembang, manusia yang kemudian terlahir dengan pemikiran-pemikiran brilian. Tidak terhitung pula, banyak ilmuan atau tokoh dunia yang menghabiskan waktunya dengan tumpukan buku di rumahnya.
***

Buku English Nowadays, for Character Building, integrated with curriculum 2013 for 4, 5, & 6th grade Elementary School yang ditulis oleh Ustazah Nur Hidayati, salah satu guru di SDIT Al Uswah Tuban adalah prestasi yang bagus. Prestasi yang patut dibanggakan dari guru yang menghabiskan waktunya untuk bermanfaat, terutama bagi anak didiknya.
Apalagi, buku ini menjadi penunjang pelajaran di SDIT Al Uswah, sebuah mata pelajaran karya pribadi yang memuat tata cara blantikan bahasa Inggris. Tentu, di samping kepedulian, keilmuan, dan kecerdasan dari sang guru, buku ini bisa hadir di sekolah.
Saya pribadi, sangat memimpikan bahwa semua bahan ajaran kurikulum di Indonesia, ditulis sendiri oleh para guru, dengan hal itu, tidak ada lagi persoalan keterlambatan buku pelajaran di sekolah-sekolah, guru tidak perlu buku panduan atau kunci jawaban ujian karena ia telah menguasai bahan mata pelajaran. Saya jamin, bila semua guru demikian, sebagaimana yang dilakukan oleh Ustazah Nur Hidayati, yang juga ketua baru di Forum Lingkar Pena (FLP) Tuban, ranah pendidikan nasional akan maju dan berkembang pesat.
Ketika kami melakukan penerbitan dan pengeditan buku, karya gurulah yang begitu membekas, karena tidak hanya tulisannya bagus, tapi ada gemuruh perasaan haru di setiap kata yang ditulis, haru bagi profesinya, haru bagi perasaan cinta kepada anak-anaknya di sekolah. Itu yang kami rasakan.
Semoga buku ini menjadi sumbangsih penulis yang bermanfaat kepadanya, kepada anak didiknya, dan kepada bangsanya. Amin…

_____
H. R. Umar Faruq
CEO Pena Media Publisihing
www.penamediapublisihng.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku: Ayo Mondok biar Keren!

Ustaz H. R. Umar Faruq dengan sederhana menjelaskan “ kesalahan fatal ” penggunaan istilah-istilah ranah pendidikan, khususnya pesantren. Ia telah membuka babak baru di perbahasaan bangsa ini, hasil pemikiran dan perhatian kepada pendidikan yang brilian. Ir. Sutarmaji, Pemerhati Pendidikan Kehidupan para santri penuh warna. Tapi bukan itu yang membuat buku ini menarik. Ulasan sejarah pesantren, sejarah Islam di Indonesia yang belum diketahui banyak orang; menjadi daya tarik tersendiri. Pengetahuan baru terkuak, ah, seperti ini jalan Islam di Nusantara sebenarnya? . Sinta Yudisia, Penulis Nasional dan Ketua Umum FLP 2013-2017 Para Kiai, santri, pakar bahasa, sejarawan, peneliti, dan pemerhati pesantren nusantara , harus baca buku ini. Dr. Jalaluddin M.Ag, Pemerhati Sejarah Pesantren sebagai wadah gladi tertua di Nusantara yang telah teruji keberhasilannya dalam pendidikan, memang sudah sepatutnya terus didara hdagingkan. Dalam upaya menjaga keberla

Buku Baru: Bisikan Kata Hati

Alhamdulillah, bulan ini kami; Pena Media Publishing berhasil menerbitkan buku menarik Anwar Fatah, beliau adalah salah satu guru di Bangkalan. Meluangkan waktunya untuk berkreasi dan menuangkan pemikiran lewat karya yang ditulis dari kisah nyatanya sendiri. Tentu, karya true story ini patut Anda apresisi karena memuat banyak pelajaran kehidupan, bagaimana menemukan perjalanan kehidupan terbaik, terindah, dan menakjubkan.. ______ RESENSI: Siapa saja bisa menjadi penulis, karena kegiatan menulis sangatlah mudah, ringan, dan tidak mengganggu aktivitas keseharian. Siapa yang ingin menjadi penulis, siapa yang suka menulis, merekalah sebagian manusia yang dilahirkan untuk bisa menghebatkan diri, menggerakkan kreativitas, mengembangkan imajinasi menjadi karya yang baik, dan menyampaikan isi hatinya kepada khalayak. Apa yang dilakukan oleh saudara saya, Anwar Fatah menulis buku yang berjudul, “Bisikan Kata Hati”, patut untuk diapresiasi. Apalagi di dalam buku ini banyak pesan-pes